Ads 468x60px

Labels

Rabu, 29 Mei 2013

Template Standar Operasional Prosedur


Seperti telah dijelaskan dalam Postingan terdahulu yang berjudul "Standar Operasional Prosedur", pada dasarnya panduan penyusunan SOP khususnya untuk instansi Pemerintah telah dijelaskan dalam Lampiran PermenpanRB No. 35/2012. Contoh SOP yang ditampilkan pada PermenpanRB tersebut adalah dengan menggunakan flowchart. Walau sistem flowchart (diagram alir) tersebut dapat dibuat melalui fasilitas MsOffice (MSWord) tetapi hasilnya seringkali mengecewakan dan terkadang menyulitkan bagi pembuat SOP. Di tambah lagi hasil dari pembuatan SOP menjadi tidak seragam karena perubahan ukuran template standar dari MSOffice tidak dapat dilakukan dengan resize yang sama untuk setiap kali melakukan penyusunan SOP. Oleh karena itu, diperlukan sebuah template yang dapat digunakan secara instant untuk melakukan penyusunan SOP sehingga memudahkan dalam proses penyusunannya dan hasil yang diperoleh memiliki kesamaan ukuran dan bentuk.

Template SOP yang diberikan di dalam Postingan ini menggunakan software yang memang diperuntukkan untuk memudahkan dalam pembuatan flowchart. Software tersebut adalah Visio 2007 yang dapat di download dari internet. Jika tidak ingin repot mencari software tersebut, silakan langsung download di sini.

Jika diperhatikan secara seksama di dalam PermenpanRB No. 35/2012, bentuk SOP Administrasi Pemerintahan adalah seperti pada contoh gambar berikut :

Bentuk Halaman Pertama SOP

 Bentuk Halaman Isi/Uraian SOP

Memperhatikan dari bentuk Halaman Pertama SOP, hanya terdapat 1 (satu) tanda tangan yaitu tanda tangan pejabat yang melakukan 'PENGESAHAN" terhadap dokumen SOP tersebut. Hal ini ternyata menjadi kendala bagi beberapa orang yang melakukan penyusunan SOP dan mereka menjabat sebagai Fungsional. Kendalanya adalah, di dalam SOP tersebut tidak tercantum nama mereka sehingga hasil pekerjaan menyusun SOP tersebut tidak dapat dinilaikan sebagai angka kredit fungsional.

Mengakomodasi kebutuhan dari para fungsional tanpa merubah substansi inti dari peraturan yang ditetapkan, maka Penulis memodifikasi bentuk SOP sebagai berikut :

 Modifikasi Halaman Pertama SOP


Template SOP yang penulis berikan dapat digunakan untuk membuat flowchart yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dengan metode penggunaan yang sangat mudah.

Template tersebut berisi :
1. File Template SPV.vss yang merupakan template header dengan 2 sampai 7 pelaksana
2. File Flow SOP.vss; berisi template bentuk flowchart standar yang digunakan di dalam SOP
3. File Arrow SOP.vss; berisi template bentuk panah penghubung dalam flowchart
4. File Temp SOP AP.docx; merupakan file msword halaman pertama dan kedua SOP AP
5. File Temp SOP T.docx; merupakan file msword halaman pertama dan kedua SOP Teknis




atau bisa dilihat di sini

Untuk pembuatan SOP T atau SOP Teknis selanjutnya dapat dibaca pada postingan Panduan Menyusun SOP Teknis di dalam blog ini.


Semoga Bermanfaat



3 komentar:

  1. reuplod dong bro..
    arrow sama flow dan docx yang lain ga bs di download

    BalasHapus
  2. arrow sama flow dan docx yang lain ga bs di download....

    BalasHapus
  3. iya bang tolong reupload file nya ya, atau kalo boleh email ke ipulhudda@gmail.com thanks

    BalasHapus