Ads 468x60px

Labels

Senin, 20 Mei 2013

Lebih Jauh Mengenal Windows 8

Windows 8 yang baru dirilis oleh Microsoft pada akhir tahun 2012 ternyata belum sepenuhnya mendapat tempat dihati para pengguna OS Windows. Hal ini antara lain disebabkan pengguna OS Windows cenderung hanya berfungsi sebagai user (pengguna) sehingga fitur-fitur baru yang disuguhkan oleh Windows 8 belum sepenuhnya dapat ditemukan dan digunakan.

Walaupun Windows 8 memiliki tampilan yang lebih elegan dibandingkan Windows versi sebelumnya akan tetapi bagi pengguna Windows yang prinsipnya hanya sebagai pemakai murni, Windows 8 masih dirasakan memiliki kekurangan dan terkesan menyulitkan. Sebagai contoh adalah untuk melakukan perpindahan aplikasi yang dibuka pada windows 8 atau untuk melakukan proses restart/shutdown.

Sebagian dari pengguna Windows 8 melakukan penekanan tombol Ctrl-Alt-Del untuk membuka layar Task Manager agar bisa mematikan aplikasi lain yang masih terbuka dan tersembunyi dibelakang layar utama yang sedang dibuka. Sedangkan untuk melakukan proses restart atau shutdown masih banyak yang merasa kesulitan karena harus melakukan beberapa langkah yang pada dasarnya cukup memakan waktu.

Pada dasarnya kesulitan yang ditemukan sehingga menimbulkan kesan bahwa Windows 8 tidak lebih baik dari versi Windows sebelumnya disebabkan oleh kurangnya penjelasan tentang fitur Windows 8 itu sendiri serta ketidakberanian dari pengguna untuk mencoba lebih jauh menyelami aplikasi yang ada di dalam Windows 8.

Ketidakberanian pengguna untuk mencoba adalah karena tidak semua pengguna mampu untuk melakukan install ulang OS Windows 8indows 8 tidak berfungsi dan harus diinstall ulang. Akhirnya, bagi pengguna yang tetap bertahan menggunakan OS Windows 8, walau merasakan adanya kesulitan tetap menjalankannya dan sebagian orang lagi akhirnya memilih untuk kembali ke OS Windows versi sebelumnya.

Benarkah Windows 8 menyulitkan walau performanya cukup mengesankan ?

Kehadiran windows 8 pada dasarnya menjanjikan kemudahan bagi penggunanya, apalagi bagi mereka yang telah memanfaatkan teknologi layar sentuh. Namun demikian masih dapat dimanfaatkan oleh mereka yang bertahan dengan penggunaan layar non layar sentuh dengan tambahan mouse dan keyboard sebagai pelengkap sarana pengoperasian.

Jika diteliti lebih lanjut, Windows 8 telah menyediakan menu-menu yang diharapkan akan mempermudah dalam pengaplikasiannya. Hanya saja menu-menu tersebut tidak terlihat secara langsung dari layar utama Windows 8 karena keberadaannya harus diambil dengan cara menggerakkan kursor ke arah sudut-sudut layar monitor.

Pada sudut kiri bawah layar monitor tersedia menu untuk membuka layar utama windows 8 dan memilih aplikasi lain yang akan dijalankan. Pada layar utama Windows 8, ditampilkan icon-icon aplikasi yang dapat dibuka secara langsung dengan cara mengklik icon tersebut sehingga untuk membuka aplikasi tidak lagi harus menekan tombol start dan memilih all program seperti pada versi windows sebelumnya. Namun bagi yang belum familiar untuk menggunakan layar utama ini, dapat berpindah ke bentuk desktop klasik dengan memilih icon desktp dari layar utama windows 8.

Windows 8 juga telah menyediakan aplikasi untuk membaca file pdf sehingga penggunaan adobe reader tidak lagi diperlukan dan begitu pula dengan aplikasi untuk menampilkan foto telah disediakan oleh windows 8 dengan kemampuan yang lebih baik.

Kesulitan dan kebingungan dari para pengguna windows 8 baru terasa apabila mereka telah menggunakan aplikasi bawaan dari windows 8. Pada aplikasi tersebut tidak tersedia tombol untuk Close atau Minimize seperti pada versi windows terdahulu. Alhasil, untuk menutup aplikasi bawaan dari windows 8 ini banyak yang memanfaatkan fungsi Task Manager dengan cara menekan tombol Ctrl-Alt-Del secara bersamaan.

Pada dasarnya windows 8 telah menyediakan fasilitas untuk menutup atau berpindah aplikasi dengan cara menyeret kursor ke arah sudut kiri atas layar monitor. Dari sudut layar tersebut akan muncul mini layer dari aplikasi yang telah terbuka dan berada di belakang layar utama yang sedang terbuka. Aplikasi yang tersembunyi tersebut dapat diambil kembali untuk ditampilkan pada layar aktif atau aplikasi tersebut dapat ditutup dengan cara melakukan klik kanan pada mini layer tersebut dan memilih Close untuk menutup aplikasi yang terbuka tersebut. Aplikasi yang terlihat pada mini layer tersebut dapat juga ditampilkan di sisi kanan atau sisi kiri layar aktif sehingga terkesan layar aktif menjadi terbagi dua dengan seperempat bagian untuk menampilkan aplikasi pada mini layer dan tiga per empat bagian layar adalah layar aktif yang sebenarnya. Untuk mengembalikan layar utama kepada kondisi penuh cukup dengan menyeret pembatas layar ke arah kiri (bila mini layer berada di sisi kiri) atau menyeret pembatas ke arah kanan (bila mini layer berada di sisi kanan).

Apabila kursor diseret ke arah sudut kanan atas atau sudut kanan bawah dari layar monitor, maka akan terlihat beberapa menu yang ditampilkan. Menu tersebut terdiri dari menu Search, Share, Start,  Devices dan Settings.

Dengan mengklik menu Search, maka proses pencarian file atau folder dapat dilakukan dengan cepat, sedangkan menu Share dapat digunakan untuk berbagi file bila file tersebut terdapat di desktop. Menu Start adalah sebagai pengganti dari menu start pada windows versi sebelumnya. Dengan mengklik menu Start maka pengguna akan dibawa kembali ke layar utama windows. Dengan kata lain menu Start memiliki fungsi yang sama dengan jika kursor diseret ke arah sudut kiri bawah layar monitor.

Menu Devices ditujukan untuk proses pembagian tampilan yang ditunjukkan pada layar utama misalnya tampilan pada layar utama aktif akan di tampilkan juga pada projector sebagai bahan presentasi. Pada windows versi sebelumnya, untuk membagi tampilan antara monitor dengan projector harus melakukan beberapa tahap langkah pengaturan, misalnya dengan cara menekan Fn+F5 (pada laptop). Pada windows 8, hal ini dipermudah dengan cara langsung melakukan klik dari menu Devices dan memilih proses pembagian layar tampilan yang diinginkan.

Selanjutnya, dari menu Settings dapat dilakukan beberapa hal antara lain adalah mengatur sambungan internet, mengatur volume speaker, mengatur terang gelap layar, menampilkan pesan (notification), mengatur fungsi Keyboard serta terdapat icon Power yang dapat digunakan untuk proses Shutdown dan Restart serta Sleep (untuk standby). Dari menu Settings, pengguna Windows 8 dapat membuka Control Panel, melihat informasi dari laptop/PC yang digunakan serta melakukan personalisasi desktop misalnya dengan mengganti wallpaper untuk ditampilkan pada layar desktop.

Beberapa kemudahan lainnya yang disediakan oleh Windows 8 terdapat pada layar utama atau layar pembuka Windows 8 yang menyediakan aplikasi peta (Map), Email, Music, Google dan lain sebagainya. Aplikasi ini pada dasarnya belum terinstall secara utuh. Sebagai contoh adalah aplikasi Google. Aplikasi ini dapat digunakan untuk proses penelusuran tanpa harus masuk terlebih dahulu ke dalam browser tertentu seperti Firefox atau Internet Explorer. Dengan menginstall aplikasi Google pada layar utama, maka pada saat terkoneksi ke internet, pengguna windows 8 dapat secara langsung melakukan penelusuran melalui google tanpa harus repot membuka browser. Aplikasi google dan beberapa aplikasi lainnya dapat diinstall melalui fasilitas aplikasi gratis (Free) yang disediakan di dalam toko (Store) aplikasi yang terdapat di Windows 8.

Melalui bahasan di atas, selanjutnya bagaimana pendapat Anda tentang Windows 8 ?

Terima kasih atas kunjungan anda ke blog ini, dan semoga membawa manfaat dan menambah wawasan.

0 komentar:

Posting Komentar